Kalender

Cuteki gadgets

Senin, 31 Desember 2012

한국 공휴일GONGHYUIL / HARI BESAR KOREA

한국 공휴일GONGHYUIL / HARI BESAR KOREA

1. 신정 Sinjeong ( Tahun Baru )
Hari Besar ini jatuh pada tanggal 1 Januari ( Kalender Masehi )

2. 설랄 Seollal ( Tahun Baru )
Hari Besar ini jatuh pada hari pertama kalender bulan.
설랄 disebut juga 설 ( seol ) atau 구정 ( gujeong ).Hari libur ini jatuh pada  hari pertama dalam kalender bulan.Bagi orang Korea ,tahun baru berdasarkan kalender bulan ini lebih penting dari tahun baru berdasarkan kalender matahari.Libur tahun baru ini selama 3 hari.

3. 삼일절 Sam-il jeol  ( 1 Maret )
Di Korea setiap tanggal 1 Maret diperingati sebagai Hari Pergerakan Kemerdekaan (Independence Movement Day ) yang dalam bahasa Korea nya lebih dikenal dengan nama 삼일절 ( Sam-il jeol ).
 삼일절 adalah untuk memperingati pergerakan kemerdekaan melawan pemerintahan kolonial Jepang yang dimulai pada tanggal 1 maret 1919.Pada tanggal tersebut,bangsa Korea mendeklarasikan kemerdekaan Korea dari penjajahan Jepang.


4. 석가탄신일 Seokgathansin-il ( Hari Kelahiran Budha )
Hari Besar ini jatuh pada hari ke -8 bulan ke-4 pada kalender bulan.
석가탄신일 ( Seokgathansin-il ) bisa juga disebut 부처님 오신날 (bucheonim osin nal ) atau juga bisa disebut dengan 사월 초파일 ( sawol chopha-il ).Hari ini digunakan untuk memperingati hari lahirnya Sang Budha.Biasanya dirayakan dengan parade lampion di jalan.

5.  어린이날  Oerininal ( Hari Anak-Anak )
Hari Besar ini diperingati setiap tanggal 5 Mei.Hari ini digunakakan untuk menghargai kpribadian anak-anak dan membahagiakan mereka.Di Korea,hari anak-anak pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Mei 1922.Pada tahun 1946,hari anak-anak dirubah menjadi tanggal 5 Mei.Resmi menjadi hari libur nasional pada tahun 1975.

6.  현충일 Hyeon chung-il ( Hari Pahlawan )
현충일 ( Hyeon chung-il ) digunakan untuk menghormati warga sipil dan militer yang gugur demi negara pada saat perang kemerdekaan.Upacara ini biasanya dilakukan di taman makam pahlawan.

7. 제헌절 Jeheonjeol ( Hari Konstitusi )
Hari Besar ini diperingati setiap tanggal 17 Juli.Hari ini digunakan untuk memperingati disyahkannya Undang-Undang Negara Korea pada tanggal 17 Juli 1948.

8.  광복절  Kwangbokjeol ( Hari Kemerdekaan )
광복절 ( Kwangbokjeol )  diperingati setiap tanggal 15 Agustus untuk memperingati hari pembebasan bangsa Korea dari penjajahan Jepang tahun 1945.Jepang menyerah kalah pada perang Dunia kedua.Tanggal 15 Agustus 1948 Pemerintah Korea didirikan.

9.  추석 chuseok ( Traditional Harvest Festival )
추석( chuseok )  diperingati pada hari ke -15 bulan ke-8 kalender bulan.  추석 chuseok bisa disebut juga 한가위  ( Han-gawi ).Perayaan ini hampir sama dengan Thanksgiving Day di Amerika Serikat.Hari ini merupakan hari penting bagi bangsa Korea selain   설랄 (Seollal) . Sebagai perayaan atas hasil panen yang bagus,bangsa Korea akan pergi ke kampung halaman leluhur mereka dan mempersembahkan makanan dan minuman tradisional Korea.Perayaan ini berlangsung selama 3 hari.

10.  개천절 kaecheonjeol ( National Foundation Day )
개천절 (kaecheonjeol) diperingati setiap tanggal 3 Oktober.Hari ini digunakan untuk memperingati terbentuknya Gojoseon ( bentuk pertama negara korea )pada tanggal 3 Oktober 2333 sebelum masehi,berdasarkan kalender bulan.Untuk mempermudah mengingat, hari ini diperingati pada tanggal 3 Oktober berdasarkan kalender matahari.

11.  성탄절 Seonthanjeol ( Christmast Day )/ 메리 크리스마스 Meri keuriseumaseu ( Merry Chrismast )
성탄절 (Seonthanjeol) merupakan bahasa Korea dari Hari Natal.Namun nama resmi dalam bahasa korea yang ditetapkan dengan undang-undang adalah 예수탄신일 ( yesuthansin-il ).Dengan semakin banyak nya penganut agama Khatolik di Korea ( mencapai 29,3 % ),maka Hari Natal ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar